Cerita Gue

Senin, 10 Februari 2014

5 Teknologi Cara Mengatasi Banjir

5 Teknologi Mengatasi Banjir




5 Teknologi Mengatasi Banjir - Banjir di Jakarta merupakan fenomena tahunan yang selalu melanda ibukota di awal musim hujan. Akibat hal ini, sebagian wilayah di sana lumpuh karena tergenang air.

Padahal, telah banyak cara dilakukan pemerintah mulai dari zaman kolonial Belanda hingga merdeka untuk mengatasi banjir yang tidak berkesudahan ini. Namun, upaya itu hingga kini masih belum membuahkan hasil karena banjir belum juga jadi masalah yang bisa diusir dari ibukota.

Di dunia sendiri, setidaknya sudah ada lima teknologi cara mengatasi banjir. Meski tidak dapat dihindari, setidaknya teknologi ini membantu untuk mengatur banjir sehingga tidak terlalu merugikan masyarakat.



1. Pembatas perimeter sementara

Cara Mengatasi Banjir
Teknologi penanggulangan banjir.

Cara mengatasi banjir ini ditemukan pada 1988 dengan cara menggunakan air untuk mengendalikan banjir. Caranya dilakukan dengan memasang tembok yang terdiri dari dua tabung karet yang terhubung oleh satu tabung yang lebih besar.

Tabung ini diisi air sehingga ketika diterjang banjir tidak akan goyah dan mampu mengendalikan 75 persen perimeternya dari ketinggian air. Cara mengatasi banjir ini sukses dilakukan untuk menanggulangi banjir di Sungai Missouri pada 2011.


2. Bendungan

Cara Mengatasi Banjir
Bendungan Sungai Kuning.

Bendungan dan tempat penampungan air lainnya sangat cocok digunakan untuk mengatasi banjir. Terlebih, jika bendungan tersebut dibangun dengan kapasitas untuk menanggulangi air berlebih saat musim hujan, maka banjir pun setidaknya bisa dihambat sedikit.

Cara mengatasi banjir ini seperti ini sudah sukses diterapkan di Bendungan Mount Morris dan Seven Oaks, Amerika Serikat.


3. Self-closing flood barrier

Cara Mengatasi Banjir
Teknologi penanggulangan banjir.

Cara Mengatasi banjir ini didesain untuk melindungi orang dan bangunan terhadap banjir yang berasal dari hujan deras, angin topan, atau salju yang meleleh terlalu cepat. Caranya dengan mendirikan sebuah tembok yang mengelilingi sebuah bangunan dan bisa naik-turun sesuai dengan tingkat air yang ada.

Cara Mengatasi banjir ini berhasil diterapkan di Belgia, Italia, Irlandia, Belanda, Thailand, Inggris Raya, Vietnam, Australia, Russia dan Amerika Serikat. Sayang cara ini terbilang mahal karena menganut sistem otomatis dan tidak bisa diterapkan dalam skala besar.


4. Pengelolaan sungai

Cara Mengatasi Banjir
Ilustrasi sungai.

Di banyak negara, sungai yang rawan banjir kebanyakan dipasangi tanggul, pematang, waduk, dan bendungan yang bisa digunakan untuk mencegah luapan air sungai, ini adalah salah satu cara mengatasi banjir. Jika hal tersebut tidak berhasil, maka biasanya akan ditambahkan tembok di sekeliling bantaran sungai.


5. Pengelolaan pantai

Cara Mengatasi Banjir
Pantai Ancol. bullscreek.com

Banjir juga bisa berasal dari air pasang laut. Oleh karenanya, sistem pertahanan banjir juga dibuat mulai dari garis pantai.

Di Amerika dan Eropa misalnya, banyak negara memasang tembok laut, memperkuat pantai dengan bakau, hingga membangun pulau pelindung.

Tujuannya, agar deburan air laut tidak terus mengikis daratan. Pasalnya, jika daratan terus terkikis, air pasang akan makin mudah naik dan menyebabkan banjir.

Baca Juga #5 Banjir Jakarta Paling Besar Dalam Sejarah.

Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Distributed By Blogger Template | Designed By Blogger Templates